1. Konsep Framework dalam Aplikasi Berbasis Framework

Framework sebagai suatu kumpulan fungsi (libraries) atau dapat istilahkan

sebagai koleksi/ kumpulan potongan program yang disusun atau diorganisasikan

sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk membantu membuat aplikasi yang

utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.

a. Jenis Framework

- Berbasis Desktop : Untuk membangun aplikasi berbasis dekstop

- Berbasis Websites : Untuk membangun aplikasi berbasis web

b. Fungsi Framework

1) Membantu para developer dalam perencanaan, pembuatan, dan

pemeliharaan sebuah aplikasi.

2) Mempercepat proses pembuatan aplikasi, baik itu aplikasi berbasis

desktop, mobile, ataupun web.

3) Aplikasi yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan andal. Hal ini

    dikarenakan Framework sudah melalui proses uji, baik stabilitas

    maupun keandalannya.

4) Memiliki tingkat keamanan yang lebih. Hal ini dikarenakan

    Framework telah mengantisipasi celah-celah keamanan yang mungkin

    timbul.

5) Memudahkan para developer dalam membaca code program dan lebih

    mudah dalam mencari bugs.

6) Mempermudah developer dalam mendokumentasikan aplikasi-

    aplikasi yang sedang dibangun.

c. Web Framework

Web framework (web application framework) adalah software framework

yang didesain untuk mendukung pengembangan aplikasi web dan web

service. Pemrograman web berbasis framework didasarkan pada konsep OOP

(Object Oriented Programming).

2. Prosedur Penggunaan Framework dalam Aplikasi Berbasis Framework

Framework untuk bahasa pemrograman PHP umumnya terdiri atas

sekumpulan folder yang berisi file-file PHP dan file-file tersebut terdiri atas class

library, helper, plugin, atau konfigurasi lainnya

a. Efektivitas dan Efisiensi pemrograman

Dengan menggunakan sebuah software framework yang baik akan

mengurangi beban kerja seorang programmer karena pada akhirnya fokus

seorang programmer hanya pada logika proses (alur proses pada aplikasi)

sesuai dengan kebutuhan yang diminta

b. Memudahkan Penstrukturan dan Standarisasi Pemrograman

software framework dibutuhkan untuk memudahkan dalam menelusuri serta mencari bagian- bagian dari kode program yang mungkin perlu diperbaiki ataupun dikustomisasi.

c. Memudahkan Koordinasi dan Pemeliharaan untuk program terdistribusi

Setiap programmer perlu memahami pentingnya memanfaatkan framework di dalam membangun sebuah aplikasi. Sebuah software framework biasanya mampu menangani seluruh hal standar yang dibutuhkan di dalam pengembangan aplikasi.

B. Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile

Suatu sistem operasi ponsel (mobile operating system) akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut.

1. Konsep Aplikasi Perangkat Bergerak

Hampir semua perangkat elektronika digital memiliki sistem operasi. Perkembangannya yang sangat cepat maka banyak vendor yang mengembangkan serta membuat sistem operasi untuk handphone dan ponsel.

a. Ukuran yang Kecil

b. Memori tak terbatas

c. Daya Proses terbatas

d. Mengkonsumsi daya yang rendah

e. Masa Hidup yang Pendek

2. Prosedur Penggunaan Aplikasi Perangkat Bergerak

a. Prosedur Mengaktifkan Android Device Manager

Secara default, Android Device Manager pada ponsel terbaru pada

dasarnya sudah aktif. Namun, pilihan menghapus data dari jarak jauh harus

diaktifkan secara manual. Diawali dengan mengakses melalui "Google

Settings" yang ada di menu utama → kemudian pilih Security → aktifkan

Remotely locate this device dan Allow remote lock and erase.

b. Menggunakan Kunci Layar

Dengan menggunakan kunci layar dalam bentuk password, PIN, pola, atau

pembaca sidik jari tentunya seseorang yang tidak bertanggung jawab tidak

dapat berbuat banyak karena satu-satunya jalan adalah harus melakukan

factory reset.

c. Pastikan GPS dan izin untuk mengakses lokasi yang diberikan

OS Android sudah dilengkapi dengan perizinan aplikasi individual

sehingga memperbolehkan atau tidak izin yang diminta aplikasi. Jika aplikasi

tersebut ingin mengaktifkan GPS, maka harus memberi izin secara manual

(tidakotomatis atau bawaan)

d. Persyaratan lain yang dibutuhkan

- Perangkat Android harus terhubung dengan internet, jadi pastikan

tidak menonaktifkan data

- Perangkat aktif dan sudah login dengan akun Google

 GPS menyala dan izin untuk mengakses lokasi diberikan

- Mengizinkan ADM untuk mengunci perangkat dan menghapus data

(nonaktifkan secara default, jadi pastikan sudah mengaktifkannya)

- Mengizinkan ADM untuk mencari perangkat (aktif secara default)

e. Cara Melacak Smartphone yang Hilang

- Untuk opsi browser, kunjungi

https://www.google.com/android/devicemanager

- Selanjutnya, masuk dengan akun Google yang sama digunakan pada

smartphone Android

- Website ADM akan melacak lokasi keberadaan ponsel Android

lengkap dengan peta, nama lokasi, info kapan terakhir digunakan,

beserta perkiraan akurasi letaknya.

f. Fitur-fitur Android Device Manager

- Ring

- Lock

- Erase

3. Jenis-jenis Sistem Operasi Perangkat Bergerak

Sistem operasi mobile (genggam) yang dikenal dengan istilah platform mobile

identik dengan sebuah program yang menggerakkan suatu perangkat keras, seperti

ponsel, smartphone, PDA, komputer tablet, perangkat informasi, dan lain-lain.

Beberapa OS yang sering digunakan, antara lain:

- Java

- Symbian

- Windows Mobile

- MXI (Motion Experience Interface)

- webOS

- Bada OS

- MeeGo

- Palm OS

- Blackberry OS

- Android

4. Jenis-jenis Teknologi Pengembang Aplikasi Perangkat Bergerak

a. Teknologi 0G-0,5G (Zero Generation)

Sebenarnya, teknologi ini pada awal ditemukan belum diberi nama dengan

teknologi OG (Zero Generation). Awal mulanya, teknologi ini diberi nama

dengan telepon radio bergerak (mobile telephone radio). Teknologi ini

menggunakan jaringan berbasis gelombang radio (radiotelephone) khusus

yang artinya terpisah dan tertutup dari jaringan lain yang sejenis serta dengan

jangkauan jaringan terbatas.

b. Teknologi 1G dan 1,5G (First Generation)

Teknik komunikasi yang digunakan pada generasi ini adalah Frequency

Division Multiple Access (FDMA) untuk pembagian alokasi frekuensi pada

suatu sel untuk digunakan setiap pelanggan yang ada di sel tersebut dan setiap

pelanggan saat sedang melakukan pembicaraan akan memiliki frekuensi

sendiri yang berbeda dengan frekuensi pelanggan lain dalam sel yang sama.

c. Teknologi 2G (Second Generation)

Generasi 2G sudah menggunakan teknologi digital serta mekanisme Time

Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access

(CDMA) dalam teknik komunikasinya Teknologi standar 2G yang berbasis

TDMA salah satunya adalah GSM (Global System for Mobile

Communications). GSM juga mendukung komunikasi data berkecepatan 14,4

Kbps (hanya cukup untuk melayani SMS, download gambar, atau ringtone

MIDI saja).

d. Teknologi 2.5G, 2.75G (Second and a Half Generation)

Teknologi 2.5G adalah teknologi komunikasi yang merupakan

peningkatan dari teknologi 2G terutama dalam platform dasar GSM yang telah

mengalami penyempurnaan, khususnya untuk aplikasi data. Provider 2.5G

menyediakan beberapa keuntungan 3G (seperti packet-switched) dan dapat

menggunakan sebagian dari infrastruktur 2G yang ada dalam jaringan GSM

dan CDMA.


e. Teknologi 3G (Third Generation)

Teknologi 3G adalah teknologi komunikasi generasi ketiga yang menjadi

standar teknologi telepon bergerak (mobile phone) menggantikan 2.5G.

Jaringan 3G memungkinkan operator jaringan untuk menawarkan jangkauan

yang lebih luas dari fasilitas tingkat lanjut ketika mencapai kapasitas jaringan

yang lebih besar melalui peningkatan efisiensi penggunaan spektrum.

Kemampuannya meliputi komunikasi suara nirkabel dalam jangkauan area

luas (wide-area wireless voice telephony), panggilan video (video calls), dan

jalur data kecepatan tinggi nirkabel (broadband wireless data)-semuanya itu

berkerja dalam perangkat bergerak (mobile).

f. Teknologi 3.5G, 3.75G (Thirth and a Half Generation)

Teknologi 3.5G adalah peningkatan dari teknologi 3G, terutama dalam

peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari teknologi 3G (di atas 2

Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet

dan video sharing.

g. Teknologi 4G (Fourth Generation)

Juga dikenal sebagai Beyond 3G) adalah istilah dalam teknologi

komunikasi yang digunakan untuk menjelaskan evolusi berikutnya dalam

dunia komunikasi nirkabel. Menurut kelompok kerja 4G (4G working

groups), infrastruktur dan terminal yang digunakan 4G akan memiliki hampir

semua standar yang telah diterapkan dari 2G sampai 3G. Sistem 4G juga akan

bertindak sebagai platform terbuka di mana inovasi yang baru dapat

berkembang. Teknologi 4G akan mampu untuk menyediakan Internet

Protocol (IP) yang komperhensif, di mana suara, data, dan streamed

multimedia dapat diberikan kepada para pengguna "kapan saja, di mana saja",

dan pada kecepatan transmisi data yang lebih tinggi dibanding generasi yang

sebelumnya.

LATIHAN SOAL PG

1. Sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah para developer

software dalam membuat dan mengembangkan aplikasi disebut....

a. framework

b. fungsi

c. aplikasi

d. developer

e. source code

2. Pemrograman web berbasis framework didasarkan pada konsep...

a. Common Language Runtime

b. Model View Controller

c. web server

d. Object Oriented Programming

e. XSS filtering

3. Secara umum, web framework lebih secure dibanding CMS karena sistem terbagi

menjadi 3 konsep, yaitu...

a. paging, enkripsi, dan email

b. SEO, session, dan security

c. model, view, dan controller

d. kalender, bahasa, dan manipulasi gambar

e. grafik, validasi, dan upload

4. Jika seorang programmer sedang mengembangkan sebuah aplikasi besar, berbagai

masalah akan bermunculan dengan sendirinya. Makin banyak kode-kode program

yang dibuat maka dampaknya....

a. makin cepat selesai

b. makin sulit proses debugging

c. celah keamanan makin kecil

d. tingkat 'kerahasiaan' yang tinggi

e. penambahan tim programmer

5. Hal yang sederhana tetapi berdampak besar pada keamanan dalam menggunakan

smartphone Android, yaitu dengan menggunakan kunci layar dalam bentuk sebagai

berikut, kecuali...

a. password

b. PIN

c. pola

d. Pembaca sidik jari

e. Semua jawaban salah

6. Untuk menderingkan atau membunyikan smartphone Android hilang, seperti ketika

seseorang sedang menelpon dapat menggunakan yang...

a. ring

b. lock

c. erase

d. active

e. non-active

7. webOS diperkenalkan pada tahun ....

a. 2008

b. 2009

c. 2010

d. 2011

e. 2012

8. Pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran aplikasi

a. Google Assistant

b. Google Now

c. OK, Google

d. memory manager

e. Voice Search

9. Mobile technology merupakan suatu perangkat teknologi yang berbasis mobile

atau yang biasa disebut dengan istilah ....

a. radio

b. televisi

c. aksesori

d. virtual reality

e. handphone

10. Teknologi 0G-0,5G (Zero Generation) pada awal ditemukan diberi nama...

a. transmitter-receiver

b. First Generation

c. Frequency Division Multiple Access

d. Global System for Mobile Communications

e. mobile telephone radio

11. Kecepatan transfer data GPRS dapat mencapai hingga .... Kbps.

a. 100

b. 120

c. 140

d. 160

e. 180

12. Standar HSPA dengan kemampuan dari sisi kecepatan transfer downlink- nya

(dari jaringan ke handset) adalah....

a. HSEPA

b. HSDPA

c. HSCPA

d. HSBPA

e. HSAPA

13. WiBro mampu mengirim data dengan kecepatan hingga... Mbps

a. 30

b. 40

c. 50

d. 60

e. 70

14. Teknologi 4G juga dikenal sebagai.....

a. Beyond 3G

b. Modern 4G

c. Internet 3G

d. kebijakan 839

e. teknologi 3.5G plus

 15. Teknologi 3G adalah teknologi komunikasi generasi ketiga yang menjadi standar

teknologi telepon bergerak (mobile phone) menggantikan 2.5G. Hal ini berdasarkan

standar....

a. ANSI

b. ETSI

c. IEEE

d. ITU

e. TFG

LATIHAN SOAL ESSAY

1. Uraikan yang Anda ketahui tentang efektivitas dan efisiensi pemrograman!

Efektivitas dan efisiensi dalam pemrograman adalah proses pembuatan program yang

memanfaatkan aplikasi-aplikasi pendukung agar proses pembuatan lebih cepat dan

meraih keberhasilan dalam program yang dibuat programmer.

2. Jelaskan perbedaan mendasar antara Desktop Framework dan Web Framework!

Desktop framework merupakan framework yang digunakan untuk membuat aplikasi

berbasis desktop, sedangkan web framework berfokus pada membuat aplikasi web

3. Jelaskan yang Anda ketahui tentang prosedur mengaktifkan Android Device

Manager!

- Untuk opsi browser, kunjungi https://www.google.com/android/devicemanager

- Selanjutnya, masuk dengan akun Google yang sama digunakan pada smartphone

Android

- Website ADM akan melacak lokasi keberadaan ponsel Android lengkap dengan

peta, nama lokasi, info kapan terakhir digunakan, beserta perkiraan akurasi

letaknya.

4. Tuliskan berbagai versi android OS yang Anda ketahui!

- Android

- Java

- Windows Mobile

- MXI (Motion Experience Interface)

- webOS

- MeeGo

- Blackberry OS

5. Terangkan yang Anda ketahui tentang Windows Mobile!

Windows Mobile adalah sistem operasi yang didasarkan pada teknologi Microsoft. mayoritas perangakat windows mobile dilengkapi dengan stylus pen, yang digunakan untuk memasukkan perintah perintah dengan cara men tap-tap layar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi Aritmatika

Membuat Aplikasi Dari Pemula Menjadi Suhu